Parallax Effect

Apa itu Parallax Effect?

Sebuah efek atau fenomena hasil dari perspektif pada ruang 3 dimensi ketika diberi pergerakan.Parallax itu biasanya digunakan dalam bidang 3 dimensi atau bidang nyata seperti depth perception( persepsi kedalaman) yang penerpannya pada mobil otomatis yang menggunakan sensor untuk mengetahui jarak mobil didepannya yang mana effect parallax yang dirasakan itu natural. Sedangkan untuk layar komputer, tablet, ataupun smartphone memiliki layar 2 dimensi yang mana secara default kita tidak dapat merasakan yang namanya effect parallax, namun kita bisa memanipulasi atau membuat effect parallax pada aplikasi ataupun website di smartphone ataupun computer yang kita miliki.

Parallax berawal dari efek scroll visual video game 2D yang digunakan sebagai ilusi agar seolah-olah gambar berjalan / bergerak cepat. Hal ini umumnya akan membuat latar belakang berjalan lambat tapi layer bagian depan melangkah lebih lebar alias lebih cepat setiap langkahnya, ini yang dilakukan pada video game zaman dulu. Nah begitu juga pada parallax di situs web, mampu membuat kecepatan scroll latar belakang melambat dan bagian depan terlihat menjadi lebih cepat. Dengan kecepatan yang berbeda antara 2 layer atau lebih yang saling tumpang tindih ini menjadikan website lebih menarik dan memiliki nilai lebih secara visual.

 

Apakah Parallax Effect mempunya kekurangan?

Setiap efek yang digunakan, pastilah mengandung kekurangan jika digunakan pada situs web. Bisa merugikan SEO, kenapa begitu ? Sebagian besar dari masalah SEO ini berasal dari fakta yang saya alami karena sebelumnya pernah bahkan sering menggunakan efek parallax. Halaman parallax merugikan dalam hal SEO karena halaman ini memiliki panjang yang lebih dari biasanya yang tidak dapat terdeteksi mesin pencari.

Dalam segi muatan, efek parallax dapat membebani situs web karena animasi dan transisi nya yang berat maka semakin lama proses loading. Dan saya rangkumkan hal-hal lain yang dikatakan merugikan situs web ketika menggunakan efek parallax:

  1. Informasi media yang digunakan membuat muatan browser menjadi berat dan memperlambat kecepatan muatan. Hal ini dapat membuat pengunjung frustasi jika memiliki koneksi internet lemah dan tentu akan meninggalkan situs web sebelum memapu melihat efek parallax yang susah payah dibangun.
  2. SEO mengizinkan 1 set informasi meta, satu h1 yang efektif dan 1 URL. Ini bertolak belakang dengan apa yang diberikan oleh efek parallax dan tentu hal ini akan memukul SEO situs web.
  3. Kebanyakan parallax tidak menghubungkan ke halaman internal lainnya.

Tips untuk membangun efek parallax

  1. Setiap efek yang diberikan harus sesuai / cocok dengan segala jenis browser yang ada karena kita gak pernah tahu pengunjung akan berkunjung menggunakan browser mana dan mungkin masih ada yang menggunakan browser versi lama. Hal ini sangat merugikan jika sudah susah payah membangun efek parallax tapi ternyata tidak cocok dengan beberapa browser.
  2. Gunakan efek parallax untuk menceritakan suatu kisah secara visual.

Contoh Website Tanpa Parallax Effect

Contoh Website dengan Parallax Effect

 

Published by Neo Telemetri

Neo Telemetri merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) terbesar di Universitas Andalas Padang yang bergerak di bidang IT (Information n Technology)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.