React Native and Installation

Hai sobat semoga dalam kesehatan dan performa baik, pada kali ini apasih yang lagi bumingnya dalam mobile programming, yaa benar sekali sobat yaitu React Native.. hmm jadi apa sih itu React Native.

React Native ini merupakan suatu framework yang dibuat oleh Facebook. Keuntungannya jika menggunakan React Native kita bisa mengembangkan aplikasi Android dan IOS sekaligus menggunakan bahasa pemrograman Javascript. React Native ini menggunakan native component dari Android dan IOS namun tetap dalam bahasa pemrograman JavaScript.

Pada dasarnya React Native memanglah native tidak seperti Phonegap/cordova yang berbasis web mobile. Dan perkembangan React Native ini juga cukup pesat hingga banyak perusahaan teknologi yang menggunakan framework ini karena kemudahan dan powerfullnya.

beberapa perusahaan besar yang menggunakan React Native, antara lain Instagram, Baidu Mobile, Vogue, Bloomberg, Facebook dan masih banyak lagi. Jadi tidak ada salahnya jika kita mempelajari React Native

barikut beberapa langkah dalam menginstall React Native..

  • Penginstalan React Native

Ikuti petunjuk ini dengan baik tanpa melangkahi step yang ada, gunakan jaringan internet dikarenakan penginstalan ini membutuhkan sedikit paket data. Semua paket penginstalan telah tersedia pada paket modul ini.

  1. Install JDK jdk-8u151-windows-x64
  2. Install React native

Penginstalan menggunakan terminal windows

terminal anda klik npm install –g react-native cli setelah itu tekan Enter

  • Install Android Studio

Unduh dan pasang Android Studio. Pilih pengaturan “Custom” ketika diminta untuk memilih jenis instalasi. Pastikan kotak di samping semua yang berikut telah di install:

  1. Android SDK
  2. Platform Android SDK
  3. Performa (Intel® HAXM)
  4. Perangkat Android Virtual

Kemudian, klik “Berikutnya” untuk menginstal semua komponen ini.

  • Install Android SDK

Android Studio menginstal SDK Android terbaru secara default. Membangun aplikasi Bereaksi Asli dengan kode asli, bagaimanapun, membutuhkan Android 6.0 (Marshmallow) SDK pada khususnya. SDK Android tambahan dapat dipasang melalui SDK Manager di Android Studio. Manajer SDK dapat diakses dari layar “Selamat datang di Android Studio”. Klik “Configure”, lalu pilih “SDK Manager”.

Pilih tab “Platform SDK” dari dalam Pengelola SDK, lalu centang kotak di samping “Tampilkan Detail Paket” di sudut kanan bawah. Cari dan perluas entri Android 6.0 (Marshmallow), lalu pastikan item berikut semua dicentang:

a.     API Googleb.

b.   Platform Android SDK 23c.

c.   Gambar Sistem Intel x86 Atom_64

d.     Google API Gambar Sistem Intel x86 Atom_64

Selanjutnya, pilih tab “SDK tools” dan centang kotak di samping “Tampilkan Detail Paket” di sini juga. Cari dan perluas entri “Android SDK Build-Tools”, kemudian pastikan bahwa 23.0.1 dipilih.

Terakhir, klik “Apply” untuk mengunduh dan menginstal SDK Android dan alat pembuat terkait.  Tunggu sampai penginstalan selesai tanpa error

  • Membuat konfigurasi ANDROID_HOME environtment

Pada bagian ini digunakan intuk membuat file konfigurasi sdk anda agar dibaca oleh react native

  1. Buka control panel

2. Buka System and Securty

3. Buka System

4. Buka Advance System Settings

5. Buka Environtment Variables dan centang new

6. Isi 2 kotak kosong tersebut Variable value itu sesuaikan dengan dimana letak sdk anda

 

  • Membuat Project baru Membuat project baru menggunakan terminal seperti dibawah ini tulisan “project” itu menandakan nama projek anda nanti yang akan di edit

Setelah seleasai maka buka folder anda tadi dengan terminal

buka terlebih dahulu emulator android setelah itu jalankan server nya dengan membuat perintah di terminal.

Setelah aplikasi welcome to react native muncul di emulator anda maka selamat anda sudah berhasil menginstall react native dan edit project anda pada sublime text atau atom untuk developmennya.

Setelah semua selesai install paket dasar untuk penggunaan dasar react

  1. native-base
  2. react-native-modal
  3. react-native-banner-carousel
  4. react-native-spinkit
  5. react-native-simple-store
  6. react-navigation

 

 

 

 

Published by Neo Telemetri

Neo Telemetri merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) terbesar di Universitas Andalas Padang yang bergerak di bidang IT (Information n Technology)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.