Revolusi Industri 4.0

Apa itu Revolusi Industri 4.0?

Industri 1.0 pada abad ke-18 inovasi pada penggunaan Steam dan Hydropower pada revolusi industri.

Industri 2.0 pada abad ke-19 inovasi pada penggunaan Listrik memungkinkan Produksi Massal melalui jalur produksi pada industri.

Industri 3.0 pada abad ke 20 inovasi pada penggunaan mesin yang sudah Otomatis melalui Pemrograman.

Industri 4.0 pada abad ke 21 lebih mengarah pada pengurangan SDM dalam industri yang digantikan dengan Mesin yang telah menggunakan Kecerdasan Buatan (AI), Database dan sistem Cyber Physical.

 

Apa saja yang telah dikembangkan pada Industri 4.0?

  1. Internet of Things

Image result for iot

Biasanya disingkat dengan IoT. Yaitu penerapan sensor pada alat untuk penggunaan tertentu yang terhubung pada database di Internet yang dapat di kontrol dan dimonitoring menggunakan perangkat Mobile seperti SmartPhone, Laptop, atau perangkat digital yang dapat terhubung ke Internet.

2. Artificial Intelegence dan Machine Learning

Image result for ai dan advanced machine learning

Sebuah kecerdasan buatan yang dibuat dengan pemrograman oleh manusia dimana mesin sendiri mampu melakukan aktivitas diluar kendali manusia dan memiliki kemampuan untuk mempelajari hal baru sendiri.

3. Big Data

Image result for big data

Kemampuan sebuah sistem database yang mampu melakukan “override” data yang bukan hanya mampu untuk memberi data, namun mampu mengambil data dan melakukan pembaharuan data dari data yang telah diambil tersebut untuk selanjutnya menyediakan data tersebut untuk diberikan.

Sama halnya dengan ketika kita nonton YouTube dengan konten SmartPhone, maka otomatis iklan yang akan muncul di YouTube adalah Iklan – iklan smartphone, dan sama halnya jika kita menonton content musik, maka iklan yang akan muncul adalah iklan dengan content musik juga. Kemampuan mengambil data dari pengguna untuk nantinya di implementasikan secara otomatis. Kurang lebih seperti itu sistem kerja Big Data.

4. Cloud Computing

Image result for Cloud Computing

Sebuah data penyimpanan yang terakses dengan internet. Sama halnya dengan Google Drive. Sebuah sistem penyimpanan, backUp, remote working memudahkan segala bentuk pekerjaan.

5. VR, AR, dan Robotik

Image result for father.io

Kita mungkin sudah mengenal apa itu VR,AR dan Robotik. VR (Virtual Reality) yaitu sebuah teknologi menciptakan dunia virtual seperti sebuah kenyataan (Reality), AR (Augmented Reality) yang sistem kerjanya sama dengan VR namun berbeda penggunaannya dan Platformnya. Robotic sudah kita kenal sejak lama, dimana banyak pekerjaan manusia digantikan dengan sebuah mesin atau robot.

 

Nah, bagaimana pendapat kita tentang ini? Bagaimana Dunia dalam 5 sampai 10 tahun kedepan. Mungkin kita perlu merenungkan apa yg telah kita lakukan, dan bagaimana langkah kita kedepannya dalam menghadapi persaingan seperti ini.

Harapannya, Neo Telemetri memiliki sesuatu yang bisa menyaingi itu semua? Sudah Siapkah kita?

 

Ya Kita HARUS Siap !

 

Salam IT

IT for the Future.

 

SN. A9-003

Elgi Verdian Abdillah

 

Published by Neo Telemetri

Neo Telemetri merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) terbesar di Universitas Andalas Padang yang bergerak di bidang IT (Information n Technology)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.