Repair Grub2 Pada Ubuntu

Assalamu’alaykum Sahabat Neoreaders..

Ada berbagai hal yang membentuk sistem operasi. Dalam sistem operasi apa pun, salah satu bagian terpenting adalah menyalakan komputer. Selama proses ini, Komputer akan mengeksekusi program kecil dalam ROM untuk memulai proses startup. Program kecil ini disebut boot loader. Di hampir setiap distribusi Linux, termasuk Fedora, GRUB2 (Grand Unified Bootloader 2) adalah pemuat boot default.

Ubuntu dan distribusi Linux lainnya menggunakan GRUB2 boot loader sebagai default untuk boot loadernya. Jika GRUB2 hilang maka neoreaders tidak akan bisa masuk ke Ubuntu. Hal ini bisa terjadi ketika – contohnya saat neoreaders memiliki 2 Sistem Operasi dalam satu Komputer (Dualboot) Windows 7 dengan Ubuntu. Ketika neoreaders melakukan instalasi ulang untuk windows 7 setelah menginstall Ubuntu atau melakukan penggantian/overwrite MBR maka GRUB2 akan hilang.

Nah jika hal diatas terjadi,  neoreaders tidak perlu panik. Neoreaders bisa mengembalikan GRUB2 ini kembali menggunakan Ubuntu Live CD atau dengan Flashdisk. Berikut tutorialnya:

Sebelum mulai, jangan lupa siapkan Ubuntu Live CD atau USB Drive dan pastikan versi ubuntunya sama dengan versi Ubuntu yang terinstall di laptop neoreaders.  Jika neoreaders masih bingung bagaimana membuat bootable Ubuntu dengan USB Drive, neoreaders bisa menggunakan Aplikasi Rufus dan mengikuti tutorial membuat bootablenya dengan bantuan mbah google.

Setelah neoreaders menyiapkan bootable USB flash drive, neoreaders gunakan saja seperti saat akan instalasi ubuntu/windows. Nanti sahabat neoreaders akan masuk ke Ubuntu. Setelah masuk ke Ubuntu, silahkan pilih opsi TRY UBUNTU. Nah jangan lupa, setelah masuk ke ubuntu, pastikan bahwa neoreaders sudah terhubung ke internet baik dari paket internet sendiri atau minta ke teman. :v

ximg_590b8e6cab373.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+ws+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.j35qjPUInR

Buka terminal neoreaders dan jalankan beberapa perintah/commands berikut untuk menginstal kembali dan meluncurkan Boot Repairnya.

sudo apt-add-repository ppa:yannubuntu/boot-repair

sudo apt-get update

sudo apt-get install -y boot-repair

boot-repair

2

Setelah commands di atas dilakukan, maka jendela boot repair neoreaders akan otomatis melakukan scanning terhadap system pada komputer neoreaders. Setelah scan systemnya selesai, maka neoreaders akan diberi 2 pilihan. Pilih opsi Recommended repair.

3

Boot repairnya akan berjalan dan nantinya neoreaders akan diminta untuk membuka terminal dan copy/paste beberapa commands pada terminal. Ikuti saja perintah yang ada pada tampilan layar neoreaders yang diminta oleh boot repairnya dan klik “Forward” untuk melanjutkan ke wizard berikutnya.

4

Setelah langkah-langkah di atas selesai, dan boot repair telah selesai mengaplikasikan perubahan yang diperlukan pada sistem komputer neoreaders, silahkan restart kembali komputer neoreaders. Ubuntu neoreaders akan booting secara normal kembali.  Neoreaders bisa menggunakan easyBCD untuk mempermudah opsi booting, apakah saat menghidupkan komputer neoreaders mau masuk ke sistem operasi Windows atau Ubuntu.

Referensi : Howtogeek.com

https://www.howtogeek.com/114884/how-to-repair-grub2-when-ubuntu-wont-boot/

Fedoramagazine.org

https://fedoramagazine.org/what-is-grub2-boot-loader/

 

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Assalamualakum wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.