Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Logo

Assalamualaikum Neoters!  Saya Dian dari divisi multimedia desain. Postingan kali ini kita akan membahas logo. Udah pernah gak buat logo untuk acara atau untuk lomba? Kalau udah disini dian akan sedikit sharing apa yang harus diperhatikan untuk logo yang kita buat.

Sekarang kita bahas soal logo nih… Nah logo itu sendiri apa sih?

Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.” (Wikipedia)

Bagi graphic desainer logo sudah pasti mengerti bagaimana menghasilkan logo. Membuat logo perlu usaha lebih memerlukan pemikiran yang kritis, kreatif dan perencanaan yang matang serta butuh waktu yang tidak sebentar untuk merealisasikannya. Dan juga logo bisa mudah di ingat jika tampilannya sesuai dan mewakili dengan identitas pada suatu perusahaan tersebut.  Sebagai contoh logo yang trkenal seperti Apple, facebook, Instagram, pinterest dan lain lain.. jadi untuk membuat logo kita harus memerhari beberapa hal.. dan kali ini saya akan membahasannya.

  1. Perhatikan Warna dan Ukuran yang Digunakan

jjj

Warna dan ukuran menjadi bagian yang terpenting dalam pembuatan logo, karena warna akan memberikan nyawa serta arti. Dalam pembuatan logo, disarankan untuk menggunakan warna dominan dan hanya menggunakan tiga kombinasi warna agar tetap terlihat profesional. Nah, selain warna, aspek ukuran juga mempengaruhi baik tidaknya logo perusahaan, yaitu pastikan bahwa logo tersebut dapat diperbesar ataupun diperkecil pada ukuran apa saja tanpa kehilangan identitas perusahaan.

2. Simple

2

Kesederhanaan juga merupakan unsur yang menentukan kesuksesan sebuah logo. Logo tidak perlu didesain terlalu kompleks atau rumit untuk memberikan banyak arti. Bahkan, banyak orang lebih suka desain yang tetap sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Kesederhanaan logo yang kuat akan membuatnya menembus dunia bisnis dan selalu membuktikan bahwa mendunia tidak melulu harus mewah dan rumit lihatlah contoh logo nike diatas begitu sederhana namun berhasil mendunia dengan kesederhanaannya itu.

3. Gunakan VDE

3

Visual Double Entendre (VDE) merupakan teknik yang menyatukan dua gambar menjadi satu bentuk indah. Gambar di atas misalnya, merupakan contoh yang tepat dalam penggunaan teknik VDE tersebut, yang menunjukkan burung sebagai tanda kebebasan dan juga memperlihatkan bentuk singa sebagai tanda keberanian. Teknik ini cukup sulit diimplementasikan karena harus menggali pikiran dan konsep yang membutuhkan waktu cukup lama. Tetapi hasil yang diberikan akan sangat menarik seperti contoh di atas.

4. Memorability

4

Memorability adalah kualitas yang membuat logo Anda mudah untuk diingat oleh pelanggan. Biasanya desain yang mudah diingat adalah yang bersifat sederhana dan tidak terlalu kompleks, seperti logo Apple. Jika buah apel pada logo Apple berbentuk utuh, maka pelanggan akan sulit mengingatnya karena bentuk tersebut sama persis dengan sejuta hal yang telah anda lihat sebelumnya. Akan tetapi logo Apple memiliki semacam gigitan yang membuatnya berbeda dan menonjol sehingga orang-orang mudah mengingatnya.

5. Unik

23099388_1946431292345051_5215742511133229056_n

Nah, inilah hal terpenting yang harus Anda perhatikan ketika membuat logo perusahaan milikmu sendiri, yaitu unik. Apa sih maksud unik? Definisi unik dalam poin ini artinya, logo perusahaan yang anda buat harus sama sekali berbeda dengan desain dari perusahaan lain. Jika mirip atau sama, anda dapat dikenai sanksi karena telah melanggar hak cipta dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah sebelum anda membuat logo ya, dan pastikan bahwa logo perusahaanmu bersifat unik.

6. Perpaduan Warna dan filosofi

25009500_1756000671108179_8133214920863907840_n

Salah satu pertimbangan yang paling penting untuk desain logo adalah palet warna. Ini bukan keputusan yang dangkal, karena warna membawa arti dan sanggup mengkomunikasikan ide-ide atau bisa juga disebut filosofi dari logo tersebut. Filosofi warna atau logo juga dapat membuat nilai dari dari sebuah logo kita menjadi tinggi  Terkadang dipatok dengan warna merek, tetapi ada saatnya dimana anda akan memiliki kebebasan untuk mengeksplorasinya

7. Berkreasi semampu anda

19984809_1699028803727027_4084246339213328384_n

Daripada mengikuti sebuah kelompok dan menggunakan desain klise, lebih baik Anda berjuang sendiri untuk sesuatu yang unik dan mudah dikenali. Coba perhatikan contoh desain logo \ diatas. Logo yang hanya sebuah  panda , dan tidak terlihat seperti sebuah konsep yang begitu unik. Namun, coba perhatikan cara menggambarnya, yaitu dengan ada garis garis yang membuatnya seperti sebuah lampu . walau terlihat simple tapi menggigit :D.  Saat Anda merancang logo, pertimbangkan apakah desain Anda unik atau biasa saja. Apakah mungkin, orang lain akan menghasilkan sesuatu yang mirip dengan karya Anda ? Cobalah memulai ide dengan beberapa sketsa kasar sebelum memilih desain seperti apakah yang berada di pikiran Anda.

8.  Berkreasi menggunakan huruf kostum

8

Logo tidak harus menggunakan gambar suatu benda atau objek, tetapi juga dapat berupa huruf yang dikemas secara indah yang memberikan kesan elegan. Seperti logo Canon dimana pelanggan sangat mempercayai produk dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, tidak semua logo harus menggunakan suatu benda, tetapi berkreasi menggunakan huruf kustom juga dapat mempengaruhi logo perusahaanmu

9. Pertimbangkan Proporsi & Simetri

9 (2)

Pada poin ini, masih ada beberapa pelajaran penting untuk Anda. Coba Anda perhatikan logo diatas, ada banyak garis dan lingkaran pada logo. Guna dari lingkaran-lingkaran tersebut digunakan sebagai panduan untuk membuat logo secara seimbang dengan kurva dan busur yang konsisten.

10. Pasif vs Aktif

Salah satu aspek yang menarik dari desain logo adalah konsep menanamkan gerakan atau kegiatan menjadi sebuah logo. Hal ini memang tidak selalu tepat, tetapi terkadang itu benar-benar dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan, baik dari sudut pandang visual maupun konseptual. Sebagai contoh, mari kita lihat logo Twitter . Logo Sebelumnya menunjukkan burung dengan posisi duduk bertengger, dan kemudian diubah dari pasif menjadi aktif dan akhirnya burung dibentuk dengan posisi terbang. Dalam literasi terbaru, mereka mengambil konsep ini lebih jauh dengan mengarahkan burung ke atas untuk menunjukkan bahwa dia naik ke udara, bukan mengambang di sepanjang lintasan yang sama.

10

Mungkin sekian pembahasan logo kali ini.. semoga bermanfaat 🙂

Wassalamualaikum …

 

Sumber :

https://www.filemagz.com/7-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-membuat-logo/

http://www.jagodesain.com/2015/04/hal-penting-dalam-logo.html

https://www.instagram.com/logoawesome/

https://www.instagram.com/logoinspirations/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.