Mengatur Google Drive sebagai Media Penyimpanan Unlimited Gratis

Hai sobat neoters !! Perkenalkan saya wahyu, seorang mahasiswa biasa yang hobi ngoprek linux, hobi ngoprek program juga, dan senang sama dunia opensource.. hihi :v, masih ingat sama postingan “kenapa kita harus menggunakan linux ?” nah.. bagi sobat neoters yang mau nanya – nanya seputar dunia opensource bisa langsung datang ke sekre neotelemetri ya (eh, kok malah promosi) hehe 😀

Back to topic .. sekarang kita gak sedang ngomongin opensource nih, tapi kita akan membahas tentang “Google Drive”. Hayoo ?? siapa yang gak tau google drive coba, kita sering banget kan, nyimpan data atau file – file disini, karena google memang memberikan kita space gratis sebesar 15 GB untuk setiap akun google yang kita miliki. Nah, kalau kita mau lebih dari itu bisa gak ?? sayangnya kita harus membeli fitur premium (berbayar) untuk bisa mendapatkan space yang lebih dari 15 GB.

0

Gambar diatas adalah harga dari fitur premium google drive. Tapi, ternyata ada sedikit tips yang gak banyak diketahui orang tentang google drive sendiri nih sobat neoters, apa itu ?? ternyata kita bisa loh mengupload foto dan video ke drive google secara unlimited !! tapi ingat, ini hanya berlaku untuk foto dan video saja ya.

Saya mau sharing nih, gimana caranya bisa nyimpan foto dan video kita ke google secara tak terbatas. Pertama sobat harus punya dulu akun google (yang belum punya, daftar disini nih https://accounts.google.com/SignUp. Setelah itu login ke gmail https://accounts.google.com dan piih google photo

1

Setelah masuk ke google photo, akan muncul semua foto – foto yang pernah sobat upload. Jika belum ada yang diupload, maka tentu tidak akan muncul apapun. Selanjutnya sobat harus ubah dulu pengaturan di google photo dengan mengklik button setting

2

Lalu ubah pengaturan seperti gambar dibawah dan kembali ke halaman awal

3

 

Nah dari sini sobat neoters bisa mengklik button upload

2

Setelah itu pilih foto atau video yang ingin diupload, dan setelah foto nya masuk sobat bisa pilih create album untuk membuat album baru,agar foto dan video yang sobat upload bisa tertata dengan rapi dan mudah untuk dicari

4

5

Sebelum membuat album, sobat harus memilih dulu foto dan video yang ingin dimasukan ke album. Lalu klik create

6

Selanjutnya beri nama album yang akan dibuat. Untuk kali ini saya akan berikan nama “contoh album”. Nah, selanjutnya klik button ceklis yang ada di sudut atas kiri.

7

Setelah album dibuat maka akan muncul di halaman album, semua album yang sudah kita buat. Nah sampai disini sobat sudah berhasil mengupload foto dan video ke google photo. Dan sesuai pengalaman saya pribadi, kita hanya bisa memasukan 500 foto untuk setiap album. Dan tentunya tidak ada batasan upload ke google photo ini.

2

Sampai sejauh ini cukup dulu ya sobat neoters .. mudah-mudahan bermanfaat dan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya 🙂

One thought on “Mengatur Google Drive sebagai Media Penyimpanan Unlimited Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.