CARA MUDAH MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN APLIKASI BALSAMIQ-MOCKUP

Assalamu’alaikum neoters!! Perkenalkan nama saya Vedo Alfarizi, pada kesempatan pertama ini saya ingin berbagi mengenai bagaiamana membuat user interface dengan cepat dan mudah menggunakan aplikasi Balsamiq-Mockup.

Kenapa cepat dan mudah? Nah, keuntungan menggunakan aplikasi ini diantaranya :

  1. Bisa digunakan di Sistem Operasi Windows, Mac OS, dan Linux (karena aplikasi ini dibangun dengan adobe Air)
  2. Untuk memuat rancangan yang kita inginkan bisa dilakukan dengan cara men-drag dan drop item yang berada pada UI library. Nah, UI librarynya juga sangat lengkap (mobile, desktop dan web)
    UI Library
  3. Hasil mockup bisa di export ke PDF/PNG
  4. Hasil mockup juga bisa ditampilkan dalam mode presentasi, dan komponen UI-nya juga interaktif karena bisa di click dan saling terhubung jadi seolah-olah kita sedang mengakses aplikasi yang kita rancang tersebut. Hal tersebut juga akan memudahkan kita saat mempresentasikan rancangan aplikasi kepada client.
  5. Berbasis cloud

Itu adalah beberap keuntungan yang kita dapatkan dari aplikasi ini, namun aplikasi ini tidak open source. Jadi untuk menikmati aplikasi ini secara full kita harus membelinya hehehe. Tapi aplikasi ini juga bisa kita nikmati versi trial-nya selama 30 hari, lumayanlah 😀

Bagi neoters yang ingin coba aplikasi ini bisa di donwload di https://balsamiq.com/products/mockups/. Jadi kita nggak perlu lagi corat-coret kertas untuk bikin desain UI aplikasi yang akan kita buat. Selamat mencoba hehehe

Beberapa sreenshot aplikasinya :

  1. Desain UI aplikasi WEB

wiki-sketch

2. Desain UI aplikasi desktop

mytunez-sketch

3. Desain UI aplikasi mobile

iphone-sketch

Sumber Gambar :https://media.balsamiq.com/img/examples

Referensi : http://www.candra.web.id/merancang-user-interface-dengan-balsamic-mockups/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.