Cara Menggabungkan Object dengan Corel Draw

Assalamualaikum,

Perkenalkan saya cindy, pada kali ini,saya ingin berbagi sedikit tentang materi mendasar desain dari corel draw. Sehingga pada postingan kali ini saya ingin mencoba berbagi sedikit tentang menggabungkan beberapa objek di corel draw.

Combining Object

Menggabungkan object pada corel draw akan membentuk sebuah object baru dengan cara menggabungkan beberapa object. Sebenarnya corel draw sendiri telah menyediakan beberapa fitur yang memudahkan kita dalam menggabungkan objek.

Berikut tutorialnya :

Hal Pertama yang harus diketahui adalah mengetahui fungsi pict tool , ini berfungsi untuk memidahkan object atau pun menyeleksi object

  1. buat Objek Persegi dengan menggunakan Rectangle Tool, pict 1
  2.  buat object kedua berbentuk lingkaran menggunakan Ellipse Tool, 2
  3. Kemudian Seleksi objek menggunakan Pict Tool, dan kemudian pilih Weld pict 3
  4. Hasil Akhir

pict 4

 

Tools Yang Dapat Digunakan untuk menggabungkan objek :

Untitled

  1. Combine : untuk menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek utuh dan melubangi  tengahnya sesuai perpotongan objek-objek tersebut. Warna objek baru mengikuti warna objek yang terakhir di pilih dan objek asal hilang.
  2. Weld : untuk menggabungkan objek menjadi satu objek yang utuh mirip  ombine tetapi tanpa ada lubang ditengahnya, atau fill penuh dan objek asal hilang.
  3. Trim : untuk memotong dua objek, tidak bisa lebih dari dua. dan Objek pertama yang dipilih akan memotong objek kedua yang dipilih. objek pertama tetap ada dan objek kedua berubah.
  4. Intersect : untuk membuat obek baru dari perpaduan dua buah objek seperti himpunan yang masuk ke objek pertama juga masuk ke objek ke dua dan objek baru tersebut biasanya ada di posisi tengah. Objek pertama dan kedua masih ada dan menghasilkan objek baru.
  5. Simplify : untuk memotong antar objek yang saling tumpang tindih, mirip dengan trim hanya saja simplify bisa melakukannya untuk lebih dari dua objek.
  6. Front Minus Back : artinya bagian depan dikurangi bagian belakang, sederhananya memotong bagian depan oleh objek yang ada di belakangnya dan objek pemotong akan hilang.
  7. Back Minus Front : untuk memotong bagian belakang oleh bagian depan dan objek pemotong akan hilang.
  8. New Object …….. : untuk membuat objek baru berupa outline dari objek yang terseleksi dan objek baru tersebut bisa diwarnai juga seperti efek weld hanya saja objek asalnya masih ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.