Belajar Action Script 3 Adobe Flash dengan Menggunakan Tools Code Snippets

Belajar Action Script 3 Adobe Flash dengan Menggunakan Tools Code Snippets

Bagi para 2D animator dan designer slide interaktif pasti sudah tidak asing lagi dengaan aplikasi Adobe Flash. Adobe Flash memiliki banyak tools yang bervariatif dan sangat mendukung kreativitas dalam membuat animasi, slide interaktif, game 2D, dll. Action Script adalah salah satu fitur yang ada di dalam Adobe Flash, dimana fitur ini memberikan kebebasan pada creator untuk membuat algoritma untuk memberikan aksi pada project yang mereka buat.

Didalam dunia IT ada istilah bahwa IT itu selalu berkembang. Sejak release Adobe Flash, hingga masa sekarangAction Script telah berkembang, mulai dari Action Script 1.0, Action Script 2.0, hingga sekarang sudah ada Action Script 3.

Pada Action Script 1.0 dan 2.0, para creator harus secara manual membuat algoritma dari aksi yang mereka ingin berikan pada project mereka. Jika ingin mempelajarinya pun, creator hanya bisa mencari tutorial di internet ataupun di buku. Di dalam Action Script 3.0, ada kemudahan yang diberikan oleh Adobe Flash. Kemudahan itu dinamakan Code Snippets. Code Snippets adalah salah satu fitur yang hanya bisa diakses menggunakan Action Script 3.0, dimana tools ini memberikan pilihan berupa template code yang biasa atau sering digunakan dalam mengoperasikan Action Script pada Adobe Flash. Didalam Code Snippets terdapat beberapa code default yang terdiri atas 11 pilihan jenis code :

untitled

Didalam masing – masing folder terdapat pilihan code yang bisa dipilih untuk memenuhi keinginan creator :

untitledqas

Didalam code yang diberikan oleh Code Snippets, berisi tentang bagaimana cara mengoperasikan dan menggunakan code tersebut yang memudahkan para creator untuk memahami code tersebut.

untitledqa

Pada gambar diatas, dapat dilihat petunjuk yang diberikan oleh Adobe Flash didalam Code Snippets tentang bagaimana cara membuat code nya bekerja dan apa kegunaan dari code tersebut.

Code Snippets dapat ditemukan dalam menu Action Scripts, atau dengan shortcut menekan F9 pada keyboad. Pada bagian sebelah kanan atas akan ditemukan tulisan Code Snippets dan para creator tinggal menekan tulisan tersebut untuk membuka tools Code Snippets.

Sekian penjelasan dari saya tentang Code Snippets di dalam Adobe Flash, semoga dapat memberi pencerahan akan kemudahan yang ditawarkan didalam Action Script 3.0, selamat bereksperiment para creator!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.